Cara Memasang Wallpaper Dinding

Cara Memasang Wallpaper Dinding

Ingin Memasang Wallpaper Dinding Sendiri?

Wallpaper Dinding adalah Hiasan berupa kertas dinding yang memiliki beragam motif dan warna. Wallpaper Dinding sekarang banyak digunakan untuk merubah suasana ruangan pada saat renovasi dilakukan. Selain pengerjaan nya cepat dan tidak memakan waktu yang terlalu lama dan berlarut-larut, Pengaplikasian Wallpaper Dinding tidak menimbulkan bau apapun. Sehingga pada saat pemasangan wallpaper dinding selesai dikerjakan, Ruangan bisa langsung dinikmati.

10 Cara Memasang Wallpaper Dinding Sendiri

1. Persiapan Peralatan

  •  Tangga
  •  Alas Plastik
  •  Cutter
  •  Pensil
  •  Penggaris
  •  Meteran
  •  Benang dan Pemberat
  •  Bak/Ember Adukan Lem 2 buah ( 1 besar dan 1 kecil )
  •  Spons
  •  Kuas Lem
  •  Roller
  •  Kape
  •  Mica/Acrylic
  •  Wallpaper Dinding Yang akan Dipasang

2. Investigasi Dinding

Sebelum memasang Wallpaper Dinding, Ada baiknya Anda melakukan investigasi terhadap Dinding yang akan dipasang. Apakah ada kebocoran? atau rembesan air? Jika YA, Maka Anda harus terlebih dulu merapikan kebocoran tersebut. Anda bisa menggunakan cat anti bocor seperti Aquaproof atau merk lainnya untuk melapisi dinding Anda sebelum di tempel Wallpaper Dinding. Karena Wallpaper Dinding tidak akan bertahan lama jika Tembok yang dipasangi lembab dan bocor. Yang kedua adalah Tembok yang Jamuran. Jika Tembok yang akan dipasangi Jamuran, Anda harus melakukan pengecatan anti jamur terlebih dahulu. Agar jamur tidak menyebar pada Wallpaper Dinding.

3. Membuat Lem Wallpaper Dengan Benar

Langkah ketiga adalah mempersiapkan Lem Wallpaper.. Ambil Bak/Ember pertama yang besar.. Isikan dengan Air Secukupnya tergantung berapa banyak Roll yang dipasang.. Anda mungkin bisa mencoba nya 3 – 5 liter terlebih dahulu.. (Jangan Menggunakan AIR PANAS).. Taburkan bubuk Lem secara perlahan dengan kondisi air yang sedang diaduk dengan cepat. Setelah terasa lebih kental dan berat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Ambil Bak/Ember kedua yang lebih kecil, lalu isikan dengan air secukupnya. Taburkan bubuk Lem dan buat Lem yang lebih kental dari yang sebelumnya. Lem yang sangat kental ini akan digunakan pada sisi2 dinding dan pada sambungan. Agar lebih tahan lama dan awet..

4. Ukur Bidang Yang Akan Dipasang Wallpaper

Setelah Dinding Siap dipasang, Yang harus Anda lakukan adalah mengukur Bidang dinding yang akan dipasang Wallpaper. Tidak perlu pusing. Cukup dengan menghitung Lebar X Tinggi Bidang yang akan dipasang, Lalu Sesuaikan dengan Lebar Wallpaper Dinding Yang akan dipasangkan. Lebar Wallpaper Dinding ukuran standard adalah 0.5 meter.. Jadi apabila Lebar Dinding Anda adalah 5 meter (misalkan). Berarti Anda akan memerlukan 10 jalur untuk Wallpaper Dinding.

5. Pemotongan Wallpaper Dinding. HATI-HATI

Sekarang Anda dapat membuka Wallpaper Dinding yang baru saja Anda beli. Potonglah Sesuai Tinggi Dinding Anda. Jangan lupa lebihkan 5 – 10 cm.. Misalkan Tinggi Dinding Anda 3 meter. Maka Anda akan memotongnya 3.1meter (Hal ini dilakukan agar lebih memudahkan Anda dan wallpaper dinding tidak gantung.. Kelebihan ini nantinya bisa Anda potong secara rapih dengan cutter.

Perhatian Khusus untuk Wallpaper Dinding MOTIF

Pada Saat Anda Memotong Wallpaper Dinding Yang Bermotif, Untuk Potongan Yang ke 2 dan ke 3 , Anda harus terlebih dahulu menyocokan motifnya. Biasanya diberi keterangan (repeat after 13cm).. Berarti Anda harus memotong pada jalur ke2 dilebihkan 13cm agar motif jalur pertama dan jalur selanjutnya pas seperti yang diharapkan. Begitupula dengan jalur ke 2 terhadap jalur ke 3 dan jalur ke 3 terhadap jalur ke 4. dan seterusnya..

6. Atur Posisinya Terlebih dahulu

Gunakan Benang yang diberi Pemberat untuk Menandakan Posisi Jalur Wallpaper agar tegak lurus dan rapih ketika dipasang. Tandai dengan Pencil setiap jalur wallpaper yang Anda buat. Hal ini dilakukan agar Wallpaper Tegak lurus pada posisinya pada saat pemasangan berlangsung. Karena jika pada jalur pertama Anda pasangnya miring, maka jalur ke 2, ke 3 dan seterusnya pun akan miring mengikuti jalur yang sebelumnya.

7. Meratakan Lem Pada Wallpaper Yang Akan di Tempel

Setelah Semua Siap, Ambil Lem Wallpaper Pada Ember pertama yang Anda buat tadi pasti sudah jauh lebih kental dan sempurna. Letakan Alas Plastik dibawah Wallpaper yang sudah Anda Potong2.. Gunakan Roller dan ratakan Lem Wallpaper dengan Wallpaper yang akan ditempel.. Lakukan Tahap ini perlahan sampai Lem Wallpaper meresap penuh pada Wallpaper yang akan Anda tempelkan di dinding.

8. Menempelkan Wallpaper Pada Dinding

Tempelkan Wallpaper Pada Dinding. Jangan Lupa ikuti Tanda yang sebelumnya Anda buat dengan Pencil Tempelkan Wallpaper Secara Perlahan sambil diratakan menggunakan Mika. Jika Anda tidak mempunyai Mika, Anda dapat menggunakan Acrylic. Sama saja, gunanya hanya untuk meratakan Wallpaper pada saat pemasangan dilakukan.

9. Menempelkan Sambungan Wallpaper Dinding

Ambil Lem Wallpaper Pada Ember yang kedua.. Yang lebih kental. Aplikasikan Lem Yang Kental ini pada Sambungan Wallpaper.. Ratakan Sisi bagian kiri dan sisi bagian kanan sampai Sambungan tertutup dan tidak terlihat.

10. Pengecekan dan Pengelapan Sisa Lem Wallpaper

Cek Sambungan dan bagian sudut Dinding, Pastikan semuanya rapih dan mengikuti jalur. Jika sudah, Ambil Spons/Busa, Basahkan dengan air lalu Lap seluruh permukaan Wallpaper Dinding dan bersihkan jangan sampai ada lem wallpaper yang mengering di permukaan wallpaper dinding..

Nah Sekarang Anda sudah mengerti Cara Memasang Wallpaper Dinding Sendiri kan? Sekarang tinggal dipraktekan Saja. Tidak susah kok

Salam Sukses dan Selamat Mencoba